Berita LPPRP

WORKSHOP SURVEYOR DAN ANALIS DATA TRACER STUDY

Rabu, 22 Mei 2019 - 09:00 WIB
Diposting oleh: adminlp2rp - Kategori: Berita Terkini

Tracer Study merupakan kajian untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam usahanya untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. Umpan balik inipun dapat bermanfaat pula bagi perguruan tinggi untuk memetakan relevasi antara kompetensi lulusan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Tracer Study Unisma telah dilaksnakan oleh CDC Unisma mulai tahun 2012 – sekarang.


          Dalam pelaksanaan Tracer Study Unisma terkendala di sisi tenaga surveyor, analisis data dan desiminasinya. Seringkali Tracer Study dilakukan oleh perguruan tinggi hanya karena kebutuhan akan akreditasi, sehingga pelaksanaannya tidak dilakukan secara rutin. Selain itu, sumber daya pelaksana Tracer Study umumnya masih dianggap kurang memadai dan hal ini disertai dengan kesulitan dalam menerapkan metodologi yang tepat dalam pelaksanaannya.

 

Demi mendukung pelaksanaan Tracer Study dan pengolahan dataTracer Study alumni Unisma yang efektif dan efisien telah dibentuk Tim yang terdiri dari:

(1)     Tim Surveyor

(2)     Tim Analisis Data

(3)     Tim Desiminasi

 

Tim Surveyor dapat direkrut dari mahasiswa atau alumni dari angkatan yang menjadi target responden penyelenggaraan Tracer Study Unisma. Surveyor ini merupakan perwakilan dari masing-masing Program Studi (Prodi) di Unisma. Jumlah surveyor dari masing-masing Prodi umumnya adalah satu orang, terkecuali untuk beberapa Prodi yang memiliki jumlah alumni lebih dari seratus orang jumlah surveyor adalah dua orang. Tim surveyor mempunyai tugas di antaranya sebagai berikut:

(1)     Mempersiapkan database alumni

(2)     Mengumpulkan data alumni dari Biro Administrasi Akademik, Fakultas dan Program Studi

(3)     Melakukan verifikasi data alumni

(4)     Memonitoring response rate progress

(5)     Memonitor kelancaran pengumpulan data survei

(6)     Menyerahkan data survei kepada tim analisis.

 

Tim Analisis Data merupakan tim yang dipilih dari perwakilan masing-masing prodi di Unisma. Jumlah analisis Data dari masing-masing Prodi umumnya adalah satu orang, terkecuali untuk beberapa Prodi yang memiliki jumlah alumni lebih dari seratus orang jumlah Tim Analisis Data adalah dua orang. Tim Analisis Data mempunyai tugas diantaranya sebagai berikut:

(1)     Menganalisis data tracer study hasil survei

(2)     Mendeskripsikan data tracer study dalam bentuk narasi dan diagram

(3)     Membuat laporan hasil tracer study untuk dicetak.

 

Tim desiminasi merupakan tim yang dipilih dari perwakilan masing-masing prodi di Unisma. Jumlah Tim Publikasi dari masing-masing Prodi adalah satu orang. Tim Publikasi mempunyai tugas diantaranya sebagai berikut:

(1)     Mensosialisasikan hasil tracer study kepada pimpinan Universitas, Fakultas dan Program Studi

(2)     Menguplod data hasil tracer study ke laman dikti.